Selasa, 04 Januari 2011

maklumat nikah muda?

saya bujangan, dan termasuk yang mengambil jalan untuk tidak nikah muda.

sebuah tradisi mahasiswa STAN, lulus langsung pada nikah.
kerja udah ada, modal udah punya, pasangan tinggal minta.
apa lagi?

"kamu itu udah wajib nikah lhoo..usia udah 20 lebih, kerjaan udah ada, daripada uang kemana2 larinya, mending segera nikah!"

sepertinya kata wajib nikah itu cuma melihat kematangan "nafsu" yang dilengkapi dengan kemampuan ekonomis.
dimana kesiapan mental dan kesiapan keluarga kita, selalu kita paksakan.
menikah itu bukan hanya menikahkan antara aku dan dia, tapi juga antara keluargaku dan keluarganya.

"setelah aku bujuk rayu, akhirnya ibuku mau kok mas, cobalah sampeyan matur ke ibu sampeyan, jujur aja, ngomong kalo sampeyan itu udah waktunya nikah, daripada ntar udah pensiun, anak baru pada kuliah?"

aduh2..ini adalah ketakutan yang berlebihan.
kita kawatir dengan masa depan kita, kita takut susah, saat kita tua nanti.
takut kita pensiun, udah tua, cari duit susah..
ah, lagi2, alasan materi...

pernah ga kita berpikir perlahan, kenapa kaluarga kita rata-rata keberatan bila kita nikah muda?
Takut beliau(ortu kita) ga dapat duit kita?
Aaaah..lagi-lagi materi….

Menikahlah muda, biar pikiran tenang.
Emang bujangan pikirannya ga tenang?
Ga tenang mikirin apa?
Ga ada tempat menyalurkan birahi?(hahaha, kasar wak kalimatnya!)
Ah, alasan klasik,.
Kalo memang alasannya adalah birahi, maka seharusnya kita wajib nikah saat kelas 3 SMP.
Saat puber, dimana pikiran selalu berkutat sekitar itu.
Tapi kita udah melewatinya my maaan!!
Wake up!!
Apa kamu lagi puber ke-2 dan nafsumu meledak2?
Sering ke kamar mandi buat menyelesaikan semuanya?
Ah, aku yakin kita bukan orang yang seperti itu.
Kita adalah pemuda-pemuda yang rajin bekerja, pulang kerja sibuk dengan aktifitas kita.
Yang ikut liqo’ lah, yang maen PS lah (abis liqo’ maen PS coy..hahahah)
Atau dirumah sibuk dengan laptop kita, sibuk dg FB kita.

“kamu itu terlalu banyak pikiran, nikah ga serumit itu kok, jalani saja…..”
Ini adalah kalimat rayuan seorang sahabat.
Bagi saya, semua itu butuh pemikiran, hidup ini bukan sekedar buang sampah dan kita cuekin begitu saja setelah kita buang atau kita bakar.
Menikah adalah langkah besar, bahkan sangat besar.

“mungkin memang seperti itu ya mas Udin? Kalo lulus langsung pada nikah ya? Yaaa..mau gimana lagi..” ujar seorang ibu yang saya rasa sangat terpaksa merelakan anaknya menikah.
Saya jadi penasaran, kenapa kok seorang ibu berat banget melepaskan anaknya untuk menikah?
Apakah rasa cemburu?
Apakah rasa terenggut?
Takut ga dapet kasih saying?
Aaah, bentar2..masalah kasih sayang, apakah saya sudah memebrikan kasih sayang sepenuhnya kepada Ibu?
Astagfirullaaaaahhh..
Yang ada selama ini aku hanya mengeluh, bila ada kesusahan, siapa? “ibu!”
Kalo mau ujian, butuh doa dan motivasi, kepada siapa? ”IBU”
Ada masalah dikampus, ada masalah di kosan, duit ga ada, kepada siapa aku mengaduh? “IBU!”
Yach, Ibu, beliau single parent sejak aku SD kelas 2, dan rasanya sungguh berat beban bagi beliau untuk menanggung 4 bersaudara seperti saya sendirian.
Rasanya aku malu untuk memaksakan kehendakku, menikah dalam usia muda.

“pikirkan hak Saudaramu nak, juga hak temen2mu” ujar beliau..

Aku pikirkan lagi ucapan beliau.
Yach, selama ini saudara2ku lah yang selalu mendukungku, mendoaakanku, mencari utangan buat sekolahku, kerja kesana kemari buat aku.
Belum bisa aku membahagiakan mereka, memberikan perhatianku sepenuh hati beuat mereka…..
Yach, setidaknya aku pulang kampung benar2 buat ketemu sama ibu dan Saudara-saudaraku.
Bagaimana dengan teman?
Teman-temanku, yang dulu senantiasa berdoa untukku, dan ingin melihat salah satu temannya ini berhasil.
Susah senang, selalu bersama, walopun lebih banyak susahnya.
Dan di saat aku sukses seperti ini, aku tinggalkan begitu saja?

“lho..antum nikah, bukan berarti antum ninggalin semuanya itu? Antum masih bias kok bergaul dengan mereka!”

Anda yakin dengan ucapan itu?
Aaah, jangankan bergaul, balas sms aja udah males, balas komen di FB aja udah ga pernah, bagaimana mungkin bias bergaul?
Mungkin sudah sibuk dengan keluarganya, dalam keluarga urusan bukan hanya sekedar smsin temen, balas komen Fb temen, karena banyak urusan lain yang lebih penting.
Dan satu lagi, ketika kita udah berkeluarga, kita harus tahu bahwa kita adalah imam yang harus bias jadi contoh, ga boleh semabranagn lagi.
Mungkin itu yang ada dipikiran sebagain temen saya.

“kalo antum ingin membalas budi Ibu antum, ya balikin saja air susunya, kan ga mungkin? Jadi ya ga bisa seperti itu akh… ketika antum nikah, ibu antum juga dapat perhatian tambahan, perhatian dari antum dan perhatian dari istri antum”

Udah tahu kalo ga mungkin bisa balas budi, kok kita bisa semudah itu ya, memaksakan keegoisan kita?
Bahkan menggunakan dalil agama untuk melancarkan itu semua.
Bukankah ibu itu harus kita dengar?
Apa ada yang salah bila kita Manahan diri sekian tahun, selama kita baru dapat kerjaan, untuk fokus bahagiaan ortu dulu?

Cooooyyy,,,,,,sebagai anak yang berbakti, harusnya kita kuat untuk puasa..
Demi ortu kita, apa sih susahnya puasa 2-3 tahun?
Apa kita ini maniak kawin yang udah ga tahan lagi untuk melampiaskan kegundahan (katanya sih gundah gt kalo belum kawin, heheheh)kita sementara keluarga kita mengharapkan sesuatu yang mungkin hanya sebagian kecil dr kita?

“din, kamu dah 24, ya udah pantaslah nikah, tapi ya jangan terlalu tua juga, ntar susah kaya Bapak ini lho, udah mau pensiun, anak masih ada yang kuliah” kata bapak temenku yang udah seperti bapakku sendiri.

“ya Pak…” jawabku senyum.

Jika ortuku yang bilang, maka dengan senang hati akan saya turuti.

“apanya sih pak yang susah, anak bapak yang tiga udah pada kerja, dua orang di depkeu, itu udah pada bisa bantu bapak kan?, kecuali anak bapak langsung pada nikah dan ga mau bantu adek2nya, berate memang berat beban bapak??”
Batinku dalam hati, hehehee

Lagi-lagi kesiapan mental yang sangat saya butuhkan, kenapa batin saya belum siap?
Mungkin karena ortu saya belum restu.

“tunggulah nak, sampai usia 26-27 tahun, saat itu usiamu matang, dan kamupun ga grusa grusu, berkeluarga itu bukan dolanan, yang bisa bubar dan dimulai lagi seenaknya..”


Saya Cuma pengen temen-temen semua, tidak mengukur kewajiban nikah, hanya dari materi saja.
Mentang-mentang kita punya kerja.
Kita harus mampu mengendalikan diri sendiri dulu sebelum kita mengendalikan sebuah keluarga.

Sebenarnya banyak pengalaman teman2 saya yang nikah muda dan ternyata mereka belum siap untuk melakukanya..
Muali dari suami yang gampang ngambek, minta dihargai katanya, tapi suka marah2, bikin si akhwat (istri) jadi bingung..lha ini masak jadi suami kok malah seneng bikin istri bingung..
Kan harusnya suami itu pengayom, yang bisa bikin damai sang istri..

Yach, opo ae lah.
Saya cukup salut buat teman2 saya yang sudah menikah muda, setidaknya mereka sudah satu langkah lebih maju.
Masalah nanti tua sapa yang lebih bahagia, rejeki sapa yang lebih lancar, itu urusan Allah.
Jodoh, mati, rejeki sudah tertulis, tinggal saya usaha untuk yang terbaek.

Bila dirimu sudah siap, kaluargamu sudah siap, maka bersegeralah !!!



Syaecho, tanjungpinang 04 Januari 2011

1 komentar:

  1. padahal di FS banyak tanggepannya.... disini koq ga ada yg komen ya?

    BalasHapus